All Sport

Kisah Sukses IMI Sulsel, Orbitkan Pembalap Asal Bulukumba ke Ajang Moto2 2020

Andi Farid Izdihar atau yang lebih akrab dikenal Andi Gilang (nomor balap 27) saat berlaga di ajang Moto2 2020 (F: ISTIMEWA)

MAKASSAR, SULSEL – Ikatan Motor Indonesia Provinsi (IMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses mengorbitkan tiga pembalap muda hingga ke kejuaraan internasional pada tahun lalu, salah satu di antaranya bahkan bakal mengaspal lagi di ajang Moto2 2020.

Dua dari tiga pembalap binaan IMI Sulsel tersebut berhasil mengharumkan nama Indonesia di level Asia, antara lain Andi Muhammad Fadly dan Awhin Sanjaya yang berhasil menjadi juara dan runner-up ajang Asia Road Racing Championship 2019 kelas Asia Production 250.

BACA JUGA: Kritik Pedas Rossi untuk Yamaha YZR-M1: Rasanya Seperti Naik Kuda

“Paling berprestasi tentunya di ajang balap motor, dua atlet asli Sulsel berhasil menjadi juara dan runner up Asia 250cc atas nama Andi Muhammad Fadli dan Awhin Sanjaya,” ucap Ketua Umum IMI Sulsel, Subhan Aksa.

Selain itu, IMI Sulsel juga mengorbitkan satu talenta muda lain bernama Andi Farid Izdihar atau yang lebih akrab dikenal Andi Gilang. Pembalap asal Kabupaten Bulukumba tersebut bakal mengaspal di Moto2 2020 membawa bendera pabrikan raksasa asal Jepang, Honda.

“Dia itu pembalap pabrikan Honda, jadi dia dibawa oleh Honda Astra yang tahun ini bernaung di bawah Honda Motor Asia. Andi Gilang menjadi salah satu hasil didikan IMI Sulsel yang berperan sebagai fasilitator untuk peraturan dan kegiatan,” imbuh Subhan Aksa.

BACA JUGA: Pecah Telur di MotoGP 2020, Vinales Masih Belum Puas dengan Yamaha YZR-M1

Andi Gilang yang menggunakan nomor start 27 pada gelaran Moto2 2020 ini bersaing dengan pembalap kelas dunia. Sebut saja Thomas Luthi dan Simone Corsi yang sarat pengalaman, lalu ada juga pebalap muda seperti Lorenzo Baldassarri, Jorge Navarro, dan Augusto Fernandez.

Ada pun Andi Gilang mengikuti jejak Doni Tata Pradita yang membalap untuk Yamaha di kelas 250cc (kini Moto2) edisi 2008. Juga ada Rafid Topan Sucipto (QMMF Racing Team) di ajang Moto2 periode 2012-2013. Terakhir ialah Dimas Ekky Pratama yang membela tim Idemitsu Honda Team Asia pada Moto2 2019. Uniknya, Andi Gilang justru menggantikan perannya di tim tersebut dalam balapan Moto2 2020.

(indosport)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top