All Sport

Liverpool Habiskan Rp26 Triliun demi Tuntaskan Dahaga Gelar Juara Liga Inggris

LIVERPOOL – Perjuangan keras Liverpool untuk menuntaskan dahaga selama 30 tahun gelar juara Liga Inggris berakhir sudah. Pengorbanan klub asal wilayah Merseyside tersebut cukup besar. Betapa tidak, mereka menghabiskan hingga 1,47 miliar poundsterling (setara Rp26 triliun) untuk mendatangkan pemain-pemain berkualitas.

Liverpool terakhir kali menjadi juara Liga Inggris adalah pada 1989-1990. Usai menjadi juara, manuver transfer pertama Si Merah adalah mempermanenkan peminjaman Ronny Rosenthal dari Standard Liege dengan mahar senilai 1 juta poundsterling (setara Rp17 miliar).

BACA JUGA: Pembalap Formula 1 Pilih Bertani dan Beternak

Dilansir dari BBC, Jumat (26/6/2020), pemain berkebangsaan Israel itu menjadi rekrutan pertama Liverpool antara gelar juara ke-18 hingga 19. Pemain terakhir yang dibeli adalah Takumi Minamino pada Januari 2020 dengan mahar hanya 7,25 juta poundsterling (setara Rp128 miliar).

Sepanjang periode 1990-2020, Liverpool total mendatangkan 218 pemain pada bursa transfer. Uang besar belum tentu mendatangkan prestasi dalam waktu singkat. Pengeluaran terbesar Liverpool pada periode tersebut adalah musim lalu, yakni 163,98 juta poundsterling (setara Rp2,907 triliun).

Nilai tersebut hanya mampu mengantarkan Liverpool menjadi runner-up Liga Inggris 2018-2019. Namun, skuad yang dibangun pada musim lalu, berhasil dipadukan oleh Manajer Jurgen Klopp demi meraih gelar juara Liga Inggris semusim berselang.

BACA JUGA: Nadine si Pemegang Sabuk Hitam Taekwondo dari  Sangihe

Jika ditotal, Liverpool mengucurkan uang hingga 1,47 miliar poundsterling (setara Rp26 triliun) untuk mendapatkan gelar juara ke-19 sepanjang sejarah klub. Di sisi lain, mereka mampu meraup 936,6 juta poundsterling (setara Rp16,6 triliun) dari penjualan pemain.

Kendati harus banyak mengeluarkan uang, tiga transfer dengan nilai tertinggi disebut-sebut sebagai kunci meraih gelar juara. Ketiga pemain tersebut adalah Virgil Van Dijk, Alisson Becker, dan Naby Keita. Kebetulan, ketiganya mampu menghadirkan rasa aman bagi lini pertahanan Liverpool sehingga bisa fokus menyerang.

(okezone)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top