Dunia

Kasus Global Covid-19 Tembus 10 Juta, Kematian Hampir Capai Setengah Juta

BEIJING – Kasus global virus corona pada Minggu (28/6/2020) telah menembus 10 juta, menurut penghitungan Reuters. Jumlah itu merupakan angka penting dalam penyebaran penyakit pernafasan yang sejauh ini telah menewaskan hampir setengah juta orang dalam waktu sekira tujuh bulan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka itu kira-kira dua kali lipat jumlah penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahunnya.

Jumlah tersebut tercapai di saat banyak negara yang terkena pengaruh berat Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona baru, melonggarkan pengunciannya, sambil membuat perubahan besar pada pekerjaan dan kehidupan sosial yang bisa bertahan selama satu tahun atau lebih sampai vaksin tersedia.

BACA JUGA: Kematian Tembus 50 Ribu Jiwa Akibat Corona di Brasil

Beberapa negara mengalami kemunculan kembali infeksi, yang menyebabkan pihak berwenang kembali menerapkan penguncian. Para ahli melihat hal ini dapat berulang dalam beberapa bulan mendatang dan berlangsung hingga 2021.

Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa masing-masing menyumbang sekitar 25% dari total kasus, sementara Asia dan Timur Tengah masing-masing memiliki sekitar 11% dan 9%, menurut penghitungan Reuters, yang didasarkan dari laporan pemerintah.

Sejauh ini, ada lebih dari 497.000 kematian terkait dengan penyakit ini, kira-kira sama dengan jumlah kematian akibat influenza yang dilaporkan setiap tahun.

BACA JUGA: Masyarakat India Sembah Virus Corona, Dianggap Sebagai Dewi Baru

Kasus pertama dari virus corona baru dikonfirmasi pada 10 Januari di Wuhan di China, sebelum infeksi dan kematian melonjak di Eropa, lalu Amerika Serikat, dan kemudian Rusia.

India dan Brasil kini menjadi titik penyebaran baru Covid-19, dengan mencatat lebih dari 10.000 kasus sehari. Kedua negara menyumbang lebih dari sepertiga dari semua kasus baru dalam seminggu terakhir.

Brasil melaporkan rekor 54.700 kasus baru pada 19 Juni. Beberapa peneliti mengatakan jumlah kematian di Amerika Latin bisa meningkat menjadi lebih dari 380.000 pada Oktober, dari sekitar 100.000 minggu ini.

Jumlah kasus terus meningkat pada tingkat antara 1-2% sehari dalam seminggu terakhir, turun dari tingkat di atas 10% pada bulan Maret.

BACA JUGA: Kematian Tembus 100 Ribu Kasus Corona di Amerika

Negara-negara termasuk China, Selandia Baru dan Australia telah mengalami wabah baru dalam sebulan terakhir, meskipun sebagian besar telah berhasil menghentikan transmisi lokal.

Amerika Serikat, yang telah melaporkan kasus terbanyak di negara mana saja di lebih dari 2,5 juta, berhasil memperlambat penyebaran virus pada bulan Mei, namun kembali melihat peningkatan dalam beberapa pekan terakhir.

Di beberapa negara dengan kemampuan pengujian terbatas, jumlah kasus mencerminkan proporsi kecil dari total infeksi. Sekira setengah dari total pasien Covid-19 yang dilaporkan diketahui telah pulih.

(okezone)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top