Dunia

Saeed Lootah, Pendiri Bank Syariah Pertama Meninggal Dunia

UEA – Haji Saeed bin Ahmed Al Lootah meninggal dunia di usia 97 tahun pada Minggu 28 Juni 2020 waktu setempat. Saeed bin Ahmed Al Lootah merupakan pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA).

Saeed bin Ahmed Al Lootah juga merupakan pendiri bank syariah pertama di dunia yakni Dubai Islamic Bank. Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirate Arab Sheikh Mohammed bin Rashid pun mengucapkan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Saeed bin Ahmed Al Lootah.

BACA JUGA: Kasus Global Covid-19 Tembus 10 Juta, Kematian Hampir Capai Setengah Juta

“Haji Saeed Ahmed Al Lootah. Pedagang yang memulai usahanya dari nol. Dia mendirikan bank Islam pertama di dunia, dan dia pedagang yang memiliki jejak dalam perekonomian Dubai,” kata Sheikh Mohammed seperti dikutip dalam akun Twitternya, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

“Semoga Allah merahmati jiwanya dan memberikan kekuatan, kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan,” sambungnya.

Saeed mendirikan Dubai Islamic Bank pada 1975 untuk membantu bisnis-bisnis dengan sistem keuangan berdasarkan ajaran syariah.

BACA JUGA: Masyarakat India Sembah Virus Corona, Dianggap Sebagai Dewi Baru

Saeed membangun perusahaan konstruksinya sendiri menjadi kerajaan bisnis yang memiliki kepemilikan di hampir semua sektor ekonomi. Dia mempertahankan standar etika dan Islam yang tinggi di seluruh perusahaannya. Dia telah diberikan gelar kehormatan dari universitas di AS dan Rusia. Saeed juga dianugerahi EFICA Lifetime Achievement Award untuk kontribusi pada perbankan syariah.

(okezone)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top