Nasional

Heboh Baju Adat China di Uang Khusus Pecahan Rp75.000, BI Buka Suara

JAKARTA – Jagad media sosial dihebohkan dengan gambar uang baru pecahan 75 rupiah edisi kemerdekaan HUT ke 75 RI. Beberapa akun medsos menuliskan narasi kalau di dalam uang itu terdapat seorang anak yang mengenakan pakaian adat Tiongkok, China. Lantas bagaimana tanggapan Bank Indonesia terkait kabar tersebut?

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menjelaskan gambar yang dituding sebagai pakaian adat China itu merupakan foto seorang anak yang berasal dari suku Tidung, Kalimantan Utara. Dirinya mempersilakan kepada seluruh masyarakat untuk membuktikannya hal tersebut di mesin pencari Google.

“Ini bukan dari Tiongkok, ini asli daerah Indonesia,” kata Marlison dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/8/2020).

BACA JUGA: PLN Raih Sertifikasi Anti Manajemen Penyuapan ISO 37001

Dia menerangkan dalam uang itu terdapat sembilan pakaian adat daerah yang belum pernah ditampilkan dalam nominal uang yang pihaknya telah terbitkan. Di antaranya adalah baju adat dari Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua.

“Pakaian adat ini kita tampilkan dari 9 daerah yang belum pernah kita tampilkan di uang-uang yang pernah kita terbitkan,” kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya pun telah mendapatkan izin dari pemerintah daerah terkait untuk menampilkan pakaian adatnya di dalam uang pencahan Rp 75 ribu edisi kemerdekaan HUT ke 75 RI.

“Khusus tentang budaya daerah kita koordinasi dengan pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

BACA JUGA: Profil Aditya Perpatih, Bocah Berpakaian Adat Gorontalo di Uang Rp75 Ribu

Sebelumnya, jagad media sosial dihebohkan dengan gambar uang baru pecahan Rp75.000 yang merupakan edisi HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Pasalnya, ada satu baju adat yang dikira berasal dari China.

Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pengguna twitter dengan akun @Ri***_na*9. Mengutip cuitannya, Jakarta, Selasa (18/8/2020), dirinya mempertanyakan akan baju adat salah satu anak di gambar uang tersebut.

“Ini uang pecahan 75000 yang dikeluarkan BI hari ini. Itu yang tengah pakaian adat mana ya ada yg tau??'” ujar kutipan tersebut.

sementara itu, ada juga yang langsung menyebut bahwa baju adat tersebut merupakan pakaian adat China. “Skrng di mata uang 75 rb rupiah, ada pakaian adat china. Konspirasi?” cuit @m**pu***aa.

(okezone)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top