Pendidikan

Alfitra Mappunna, Generasi Emas Kabupaten Barru

Nur Alfitra Mappunna

BARRU, SULSEL – Sosok Alfitra Mappunna adalah sedikit dari sekian banyak pemuda seusianya yang punya prestasi yang membanggakan, tidak hanya untuk diri dan keluarganya, namun lebih dari itu, membanggakan daerahnya. Dia menjadi generasi emas di usia sebayanya.

Jenjang pendidikan formalnya dimulai di TK. Aisyiah, 2005-2006, lalu SD Inp.Tamamauang I Makassar, 2011-2014. Kemudian MtsN Model Makassar, 2014-2017 dan UMI Makassar 2017.

Pemilik nama lengkap, Nur Alfitra Mappunna, lahir 24 November 1999 adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Buah hati dari pasangan Drs, H. Rukman Pala, M. Ap yang bekerja sebagai ASN di Kota Makassar dengan Dra. Hj. Rahmatia. Selain sebagai mahasiswa aktif, juga aktif diberbagai organisasi ekstra seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Di HMI, Alfitra merupakan alumni LK. I Basic Training HMI Komisariat Hukum angkatan 105 Cabang Makassar.

Sementara LK. II Intermediate Training Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dia ikuti di Korkom Universitas Indonesia Cabang Depok.

Saat ditanya tentang sejumlah prestasi yang sudah ditorehkan, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muslim (UMI) Makassar mengaku canggung menguraikan. Menurutnya itu semua bukan prestasi yang patut dibanggakan, tapi harus bisa disyukuri.

“itu semua belum ada apa-apanya jika dibandingkan prestasi pemuda seusia saya. Namun saya bersyukur kepada Allah SWT atas capaian itu,” tuturnya cucu H. Muhammad Marala, mantan Kacab Dinas Kehutanan Barru dan mantan Anggota DPRD Barru itu, saat ditemui, Selasa (4/7/2020)

Bagi siapa saja yang kenal dengan dia, memang dia bukanlah sosok pemuda yang sombong. Penampilannya sangat bersahaja meski diwajahnya terpancar jiwa optimisme. Dan jiwa optimisme itulah yang kemudian mengantarnya menjuarai berbagai lomba, baik skala regional maupun nasional.

“Melihatlah keatas untuk memacu diri dan melihatlah kebawah untuk senantiasa bersyukur,” katanya mempertegas pesan orang tuanya.

Sebutlah misalnya, pada tahun 2018 merebut trofi juara 3 Lomba Debat Mahasiswa Saintek FEST dan Best Speaker Lomba Debat Mahasiswa Saintek Fest 2018.
Kemudian, juara 4 Lomba Debat se Nasional Festival Retorika Universitas Malang, tahun 2019. Juara 1 Lomba Debat Ekonomi Politik SPECTA Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.

Selain itu, juara 3 Lomba Debat Konstitusi MPR se Sulsel dan tenggara, 2018. Dan juara 2 Lomba Debat Nasional Ekonomi Politik, Festival Aspirasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera, tahun 2020 dan masih banyak prestasi sebelumnya.

Saat ditanya tentang kiat sukses dan harapannya untuk generasi muda Barru, khususnya. Pemuda Hobby Debat itu menegaskan, tidak ada kata sulit jika kita sudah memulai. Dan, tidak ada kata jenuh jika kita sudah menjalaninya.

“Belajarlah dari masa lalu dan bertindaklah untuk masa depan,” tandas dia.

 

(Syam)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top