Pendidikan

Perpustakaan Berjalan Susuri Pantai Desa Tanjung Buaya

anak anak tengah asik membaca di perpus berjalan milik pemkab bolmut

SULAWESION,BOROKO- Perpustakaan berjalan milik Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyusuri pantai Desa Tanjung Buaya Kecamatan Bolangitang Barat.

Terpantau, puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) yang sedang menikmati liburnya ikut ramai membaca buku-buku yang disediakan oleh pihak perpustakaan dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Leida Pontoh melalui Kepala Seksi Deposit, Sirkulasi dan Referensi Raden Mokoginta, megatakan, program perpustakaan berjalan adalah salah satu program utama didalam mencerdaskan anak bangsa di Kabupaten Bolmut, karena menurutnya, ini sangat membantu menarik minat baca anak-anak.

“Bila buku sebagai jendela ilmu pengetahuan, maka perpustakaan adalah gudangnya.
Karena perpustakaan megoleksi buku-buku dan beragam jenis informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengunjungnya, terlebih ditempat-tempat seperti Pantai Desa Tanjung Buaya ini,”ujarnya.

Raden menerangkan, pada program perpustakan berjalan, pihaknya, sebelumnya telah mengatur jadwal turun lapangan ke setiap sekolah yang berada di wilayah Bolmut, baik dari Kecamatan Sangkub sampai Pinogaluman, namun dengan adanya hari libur, pihaknya berinisiatif untuk turun ke tempat-tempat keramaian yang sering dikunjugi masyarakat.

“Karena ini adalah hari libur sekolah, pasti para orang tuanya membawa anak-anak ke tempat-tempat wisata, jadi targetnya adalah lokasi pantai termasuk pantai Desa Tanjung Buayah,”terangnya.

Iya pun mengungkapkan, pada program perpustakaan keliling ini, pihaknya telah menyusuri setiap wilayah kecamatan, yang berada di Bolmut selama libur sekolah, namun hanya ditempat-tempat wisata yang menjadi target utamanya.

“Untuk turun lapangan sendiri, perpustakan berjalan ini sejak dari adanya mobil bantuan ditahun 2019 kita terus turun lapagan dan seterusnya akan berjalan sampai selepas libur, namun lokasi kita akan kembali ke sekolah-sekolah,”ungkapnya.

Ditambahkanya pula, pada proses turun lapangan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah Desa setempat, sehinga ada pengumuman yang disampaikan oleh pihak desa kepada masyarakat dimana lokasi mobil perpustakaan akan bertugas.

“Setiap turun lapagan kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, dalam hal ini Sangadi (Kepala Desa) agar target pembaca akan semakin menigkat dimasyarakat, bukan hanya anak-anak namun secara umum juga dapat ikut membaca, karena, buku-buku yang disediakan sifatnya secara umum, ada yang khusus anak-anak dan ada juga bagi remaja dan masyarakat,”ungkapnya.

FRANS ALI

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top