Peran Pantarlih Dinilai Penting Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Asisten Satu Sekda Kabupaten Sitaro Novia Tamaka saat menyerahkan atribut kerja kepada perwakilan pantarlih usai apel akbar di Lapangan Akesimbeka Kecamatan Siau Timur, Senin 24 Juni 2024. (Foto: Ist)

SITARO, SULAWESION.COM РPetugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih  merupakan salah satu bagian dari penyelenggara pemilih dibawah kendali Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mereka akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih guna kepentingan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 di Pilkada Serentak November mendatang.

Bacaan Lainnya

Peran dari pantarlih ini pun dinilai penting dan sangat strategis oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro karena terkait suksesi pelaksanaan pilkada serentak nanti.

“Tugas yang diemban oleh para petugas ini sangat penting dalam memastikan integritas dan keakuratan daftar pemilih untuk pilkada, khususnya di Kabupaten Sitaro,” kata Asisten Satu Sekda Sitaro Novia Tamaka, Senin (26/6/2024).

Menurutnya, pemuktahiran data pemilih adalah langkah awal yang krusial untuk menyukseskan jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dimana daftar pemilih yang akurat akan memastikan hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah.

“Oleh karena itu tugas yang diemban oleh para petugas pemuktahiran ini tidak bisa dianggap remeh. Tugas mereka ini turut mempengaruhi suksesi pilkada nanti,” lanjut Tamaka.

Dia pun mengajak semua kalangan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk mendukung penuh tugas para penyelenggara agar persiapan maupun pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati dapat berjalan baik.

“Mari kita tingkatkan kerjasama, koordinasi dan semangat dalam menyusun daftar pemilih yang akurat dan memastikan proses pemilihan berjalan dengan lancar,” kuncinya.

Sebelumnya, ratusan pantarlih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sitaro dilantik secara serentak pada Senin (24/6/2024).

Prosesi pelantikan yang dipimpin langsung Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro itu berlangsung di Lapangan Akesimbeka Kecamatan Siau Timur bersamaan dengan apel akbar ratusan pantarlih.

Mengawali prosesi pelantikan, Sekretaris KPU Sitaro Nelwan Maloring membacakan Surat Keputusan tentang pembentukan Pantarlih dan mengarahkan setiap Pantarlih untuk mengambil tempat.

Usai diambil sumpah dan dilantik, seluruh pantarlih membacakan pakta integritas dan selanjutnya menerima atribut atau perlengkapan lapangan dari KPU.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *