Sulawesion TV

[VIDEO] Bupati Polman Bersama Warga Terbangkan Layang-layang Lake Berukuran Raksasa

POLMAN, SULBAR – Sejumlah warga mengarak layang-layang Lake berukuran raksasa di ruas Jalan Trans Barat Sulawesi, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar (Polman) menuju lokasi persawahan untuk diterbangkan secara perdana, Sabtu (8/8/2020).

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, ikut serta menyaksikan penerbangan layang-layang tersebut.

Layang-layang Lake raksasa ini sempat memacetkan arus lalu lintas karena ukurannya yang tergolong jumbo sampai memenuhi bahu jalan.

BACA JUGA: [VIDEO] Tanggapi Demo Ricuh di Polman, Kabid Ekbang PB HMI: Peserta Aksi Tidak Matang Berdemonstrasi

Menurut informasi, ada 6 layang-layang lake yang rencananya bakal diterbangkan dan akan disaksikan langsung Bupati Polman bersama ratusan warga dari berbagai pelosok.

Diketahui, salah satu layang-layang berukuran panjang 30 meter dan lebar sekira 10 meter lebih. Hal ini mengundang takjub Bupati Polman beserta rombongan.

Untuk bahan pembuatan layang-layang ini menggunakan balok kayu dan sebagian bambu. Tali yang digunakan pun khusus berukuran besar yang biasanya dipakai untuk menarik kapal laut. Diperlukan kekuatan puluhan orang dan angin yang cukup kencang untuk menerbangkan layangan ini.

BACA JUGA: Tasbih Raksasa, Saksi Peradaban Islam di Bumi Mandar 5 Generasi

Sayangnya tidak semua layang-layang raksasa dapat diterbangkan dikarenakan tekanan angin yang tidak terlalu kencang.

Bupati Polman, Haji Andi Ibrahim Masdar mengatakan, kegiatan ini tidak lain sebagai bentuk kreatifitas masyarakat di Tanah Mandar dalam menjaga tradisi mereka, di mana setiap memasuki musim kemarau, layang-layang lake atau biasa disebut Marra akan diterbangkan di sejumlah lokasi.

Rencananya, bupati bakal mengikutsertakan layang-layang lake raksasa ini di ajang festival layangan internasional yang biasa diadakan di Bali.

(red)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top