Sulawesion TV

[VIDEO] Tanggapi Demo Ricuh di Polman, Kabid Ekbang PB HMI: Peserta Aksi Tidak Matang Berdemonstrasi

(foto: Istimewa)

POLMAN, SULBAR – Menanggapi video yang beredar soal Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar yang dalam tatap muka sempat bersitegang dengan massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Polman, Jumat (7/8/2020). Dalam potongan video tersebut terlihat bupati mengucapkan kata ‘Bodoh’ sehingga memancing kericuhan.

Abdul Muis Amiruddin, selaku Ketua Bidang (Kabid) Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pengurus Besar (PB) HMI justru berpandangan lain. Ia berpendapat bahwa apa yang disampaikan oleh Bupati Polman tersebut sama sekali tidak menyinggung HMI secara kelembagaan, melainkan mengarah kepada personal anggota HMI.

“Seharusnya kita semua fair dalam menanggapi video tersebut, sebab dalam video yang tersebar itu tidak saya dapati Bupati Polewali Mandar dengan lisan mengatakan HMI Bodoh, malah beliau bilang “kamu yang bodoh” yang berarti personal,”ujarnya.

BACA JUGA: [VIDEO] Diduga Akibat Korsleting Listrik, 8 Rumah di Polman Hangus Terbakar

“Betapa tidak, dalam tatap muka tersebut secara terang peserta aksi acap kali memotong penjelasan atas tuntutan peserta aksi dan juga tindakan yang dilakukan peserta aksi dinilai tak etis serta tidak sabaran dan dinilai tidak matang dalam audiensi berdemonstrasi,” ucapnya.

“Aksi demonstrasi itu kan perihal memaparkan aspirasi lalu kemudian meminta tanggapan atas aspirasi dari kepala/penanggung jawab badan atau instansi, yang saya lihat malah peserta aksi ini tidak kooperatif dalam feed back Pak Bupati yang belum menuntaskan argumentasinya lalu disanggah lagi, nah ini saya nilai peserta aksi terlalu terburu-buru. Pak bupati menurut saya tidak salah,” tegas Muis, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Abdul Muis Amiruddin yang tidak lain adalah seorang putra asli Sulawesi Barat (Sulbar) tersebut, berpandangan bahwa di Sulawesi itu khususnya di Sulbar, sikap sipakalabbi (saling menghargai) itu masih sangat dikedepankan mengingat culture di Sulbar itu masih sangat kental adatnya dan juga menghargai orang yang lebih tua, itukan telah tamat dipelajari di rumah apa lagi pada tingkat pendidikan.

BACA JUGA: Terjun ke Sungai Karena Hindari Penggerebekan Sabung Ayam, 2 Warga Polman Hilang

“Sikap kritis seorang Mahasiswa apa lagi seorang Anggota HMI yang tak lain memiliki DNA kritis itu harus. Namun, tetap harus pada koridor sikap proporsinal sebagai seorang kader Insan Cita sebab jika tidak demikian maka hal itu akan menjadi preseden buruk bagi lembaga sebesar HMI kedepannya” Tandas Muis

Tonton video di bawah ini secara seksama dan teliti secara berulang-ulang. Di situ kita semua akan dapati Bupati Polewali Mandar sama sekali tidak mengucapkan kata HMI Bodoh dalam penjelasannya.

(Hsr)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top