Desaku

Gelorakan Kelompok Wanita Tani, Hasnah Syam Kunjungi Pelosok Desa

Hasnah Syam kunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mallellu, Dusun Panrenge

BARRU, SULSEL – Pasca Tujuh Kecamatan Se-Kabupaten Barru telah melakukan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop kebiasaan buang air besar sembarangan yang menjadi kado kemerdekaan untuk Barru, yang tidak lepas dari binaan drg Hj Hasnah Syam MARS selaku Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (Forum KKS) Barru., kini istri Bupati Barru Suardi Saleh kembali menggelorakan kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) hingga ke pelosok.

Seperti yang kembali dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru Hj Hasnah Syam. Srikandi Komisi IX DPRRI itu begitu gencar turun kebeberapa lokasi budidaya dan KWT percontohan untuk melihat langsung progress sekaligus mengevaluasi. Selain itu, Hasnah Syam melakukan penanaman bawang merah dan tomat di Demplot, Kelompok Wanita Tani (KWT) Mallellu, Dusun Panrenge, Desa Siawung, Kecamatan Barru, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Sosialisasikan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Hasnah Syam Gandeng BP2MI

Hj Hasnah Syam dalam sambutannya mengungkapkan, salah satu upaya pemerintah untuk mensehjaterahkan rakyat melalui gerakan menanam seperti yang dilakukan sekarang ini.

“Bawang merah ini salah satu produk unggulan yang sangat menjanjikan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” ujar Hasnah Syam yang juga Anggota Komisi IX DPR RI.

Ia juga mendorong masyarakat agar memanfaatkan pengelolaan hasil tanaman pekarangan yang kreatif dan mengoptimalkan peran ibu-ibu, khususnya anggota tim penggerak PKK dalam pemanfaatan dan pengelolaan hasil tanaman pekarangan sehingga dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi keluarga dimasa Pandemi Covid 19.

“Lahan pekarangan memiliki potensi yang cukup besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga jika pemanfaatannya dilaksanakan secara maksimal,” sebut Hasnah Syam yang diamini oleh segenap emak-emak yang hadir.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Barru yang terus mendukung kegiatan pertanaman khususnya bagi ibu-ibu yang tergabung dalam KWT.

Sementara itu, Ketua PKK Desa Siawung Hj Rahmiati yang menyambut hangat kedatangan rombongan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Barru yang mendorong semangat para ibu-ibu KWT di Desa Siawung.

“Semoga apa yang diharapkan dapat berjalan lancar,” tukasnya dengan melihat antusiasme Anggota nya yang tergabung dalam KWT atas kehadiran Tokoh Nasional ini.

Baca Juga: Hasnah Syam Sosialisasi Advokasi KIE di Barru

Demikian pula saat rombongan ini menuju ke KWT Teratai di Desa Lipukasi. Disini, justru telah melakukan panen yang berlimpah. Berkah atas perhatian dan binaan ‘Bu Dokter’ sangat jelas terlihat dari kesuburan tanaman yang tentu saja karena semangat memelihara dan menjaga.

Nampak bagaimana kegembiraan rombongan melihat hal ini, seolah menambah semangat untuk terus gelorakan KWT lainnya di semua tempat untuk memanfaatkan pekarangan maupun lahan kosong menjadi media pertanaman.

 

(Red/Syam)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top