Budpar

Lestarikan Budaya Mappadendang, Suardi Saleh Puji Pemdes Binuang

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M. Si, hadiri acara tradisi mappadendang

BARRU, SULSEL – Upaya turun temurun yang dilaksanakan masyarakat, khusus Dusun Lapao Desa Binuang, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru untuk melestarikan tradisi Mappadendang setiap selesai panen padi kini telah menjadi agenda tahunan di daerah itu.

Kepala Desa Binuang Andi Henra AL. Palowongi mengemukakan hal itu saat menggelar acara Mappadendang yang dilaksanakan di kompleks Rumah Adat Sao Soro Kannae Dusun Lapao ,Desa Binuang, Kecamatan Balusu, Kamis (9/9/2020) malam.

Baca Juga: Barru Hebat, Sepekan Warga Disuguhkan Pentas Kebudayaan secara Live di Alun-alun dan di Medsos

“Alhamdulillah, kegiatan Mappadendang ini sudah menjadi even tahunan sehingga pemerintah Desa Binuang sudah menganggarkan melalui Dana Desa,” katanya.

Dikatakan, mantan Kepala Desa Kamiri itu, tradisi Mappadendang atau disebut juga pesta panen yang dilaksanakan pada malam ini sebagai bentuk rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas keberhasilan panen di Dusun Lapao. Berkat sinergitas dengan semua komponen masyarakat di Desa Binuang sehingga acara Mappadendang ini bisa terlaksana.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M. Si dalam sambutannya saat menghadiri acara itu mengaku gembira dengan upaya Pemerintah Desa yang telah menjadikan tradisi Mappadendang ini sebagai even tahunan, sehigga Pemerinrah daerah menyampaikan apresiasi.

Baca Juga: Bupati Barru Harap Lestarikan Tradisi Mappadendang

Budaya Mappadendang yang merupakan salah satu tradisi masyarakat Bugis-Makassar saat usai panen padi hendaknya dilestarikan sebagai warisan budaya. Apalagi lanjut dia, Mappadendang merupakan ritual sebagai wujud rasa syukur kepada sang Pencipta atas limpahan rezeki berupa hasil panen yang melimpah.

“Alhamdulullah, dibanding tahun lalu Luas Tambah Tanam (LTT) hanya 5000 HA tapi tahun ini sudah bertambah 7000 HA berarti ada kenaikan sekitar 2000 HA. Hal ini dilakukan agar petani tak pernah berhenti berbuat dan produksi pertanian terus meningkat,” Ujar Mantan Kadis PU Maros dan Pinrang tersebut.

 

(Red/Syam)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top