Sulsel

Sampah TPA Tamangapa Akan Jadi Sumber Energi Pembangkit Listrik

MAKASSAR–  Makassar masuk dalam salah satu wilayah yang akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa menjadi pilihan lokasi PLTSa.

Hal ini diungkap Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat mengunjungi TPA Pamangapa belum lama ini.  Ia berharap  tumpukan sampah yang sudah terlihat seperti gunung akan segera teratasi.

Ia mengungkapkan akan memanfaatkan sampah TPA Tamangapa sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

BACA JUGA: Makassar dan Manado Akan Dibangun PLTSa Kapasitas 20 MW

“Bulan Agustus mendatang, sesuai perintah, amanat presiden, Pemerintah Kota Makassar akan melakukan market sounding dalam hal ini sebagai penekanan jumlah sampah akan diterapkan beberapa teknologi seperti listrik dan gas yang diharapkan pengelolaan sampah dapat lebih diefektifkan lagi selain adanya bantuan dari bank sampah yang saat ini sedang berjalan,” pungkasnya.

Pengelolaan sampah sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Mengurangi (reduce), Menggunakan Kembali (reuse), dan Daur Ulang (recycle) melalui bank sampah sudah cukup membantu kota Makassar dalam persoalan sampah namun tetap diperlukan upaya lainnya agar lebih efektif dan efisien. (red)

 

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top