Sulsel

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender, Wabup Enrekang Sebut Beberapa Kebijakan Telah Prioritaskan Perempuan

Sosialisasi pengarusutamaan gender

ENREKANG, SULSEL – Pemerintah Kabupaten Enrekang bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Acara itu berlangsung di Pendopo Rujab Bupati Enrekang, Jumat (23/10/2020).

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Bupati Asman SE. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan sejumlah kebijakan pemerintah yang pro gender.

Baca Juga: Pemkab dan FKUB Perkuat Sinergi Wujudkan Enrekang Aman dan Sejahtera

“Dalam kepemimpinan MB-Asman, Pengarusatamaan Gender ditandai lewat beberapa kebijakan prioritas. Misalnya, memberi kesempatan pada perempuan untuk memimpin di sejumlah OPD,” jelas Asman.

Beberapa Kepala OPD di Enrekang memang dijabat oleh perempuan. Namun begitu, kata Asman, mereka memang memiliki kemampuan yang memadai.

Selain itu, Ketua PKK dalam hal ini Ibu Bupati terlibat secara maksimal untuk meningkatkan peran perempuan dalam mencapai visi misi Kepemimpinan MB-Asman.

Sebagai informasi, Pengarusutamaan gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan.

Baca Juga: Wakil Bupati Enrekang Membuka Pembekalan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

PUG tercermin melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang, termasuk didalamnya pembangunan daerah.

Sebagai pembicara pada kegiatan ini, Kepala Biro Perencanaan Kementerian LHK DR. Ir. Ayu Dewi Utari, M.Si. Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Kadis DLH Mursalim dan Darhamsyah selaku Kepala P3E Sulawesi Maluku.

 

 

(Tim Lip)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top