Sulteng

Banyak Perusahaan di Banggai Membandel, Belum Masukkan Data Ketenagakerjaan

Kadisnaker Banggai
Ridwan ST MT

BANGGAI, SULTENG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banggai, melalui Kepala Bidang Perselesihan Hubungan Industrial (PHI), Ridwan ST MT, menjelaskan bahwa konflik tenaga kerja di daerah ini lumayan banyak.

Hal itu di karena masih banyaknya perusahaan yang bandel serta belum menjalankan sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

Padahal payung hukumnya sudah jelas, antara lain kata dia, UUD no 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, Permenaker no 28 tahun 2014 tentang tata cara pembuatan dan pengesahan peraturan perusahaan, Kepmenaker no kep 100/MEN/VI/2004 tentang ketentuan pelaksanaan PKWT.

Baca Juga: FNPBI Banggai Siap Kawal Buruh yang Di-PHK Sepihak Oleh PT Sasl and Sons Indonesia

“Kami bahkan telah mengeluarkan surat no 560/150/ Disnakertrans, kepada pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Banggai, untuk perihal pelaporan data ketenagakerjaan ” katanya, (16/9/20)

Dalam surat tersebut, Disnakertrans meminta kepada pihak perusahaan yang beroprasi di daerah ini, agar segera memasukkan laporan antara lain yaitu informasi lowongan pekerjaan, dokumen antar kerja antar daerah (Akad), jumlah tenaga kerja baik PKWT maupun PKWTT.

Selanjutnya, apabila perusahaan mempekerjakan pekerja atau buruh sekurang-kurangnya lebih dari 10 orang, maka perusahaan wajib membuat peraturan perusahaan, perusahaan yang mempekerjakan 50 orang harus membuat lembaga Biparti dan pencatatan atau pendaftaran perjanjian kerja.

 

“Poin-poin tersebut yang kita minta kepada perusahaan untuk melaporkannya, agar kita selaku Dinas terkait Lebih bisa mengawasi serta memberikan pelayanan yang sifatnya memfasilitasi antara sumber daya manusia yang tersedia (pencari kerja), dengan permintaan sumber daya manusia (lowongan pekerjaan) dengan kualifikasi tertentu terkait lowongan kerja yang tersedia,” tutupnya.

 

Samsir

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top