Nasional

Kurangi Impor, RI Kembangkan Sentra Bawang Putih di Poso

Ilustrasi

POSO, SULTENG – Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan produksi bawang putih lokal dengan mengembangkan daerah potensial. Salah satu sentra produksi bawang putih yang dikembangkan di Napu, Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Kementan terus berupaya meningkatkan komoditas seperti bawang putih guna mengurangi ketergantungan terhadap produk impor,” seperti dikutip dari keterangan Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

BACA JUGA: Banyak Perusahaan di Banggai Membandel, Belum Masukkan Data Ketenagakerjaan

Pengembangan sentra produksi bawang putih dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Kementerian Pertanian pun menyiapkan alokasi sebesar Rp220,15 miliar untuk mengembangkan sentra produksi bawang putih tersebut.

Dengan dana tersebut diharapkan para petani Napu dapat menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan. Nantinya bawang putih yang dikembangkan adalah varietas Tinombo.

Di mana varietas lokal Sulawesi Tengah yang tengah diuji sertifikasi benih. Varietas adaptif di daerah Napu rencananya akan dikembangkan dalam skala luas untuk mewujudkan swasembada bawang putih secara nasional.

(okezone)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top