Sultra

Diskusi Bersama Pemkab Butur – Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag

Pertemuan Pemerintah Buton Utara dan Dirjen Kemendag RI di Hotel Sara'ea

SULAWESION, BUTUR – Direktorat Kerjasama Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bersama Pemerintah Daerah Buton Utara, menggelar Diskusi Bersama di Aula Gedung Hotel Sara’ea, Selasa(3/9/2019).

kegiatan diskusi ini di dibuka langsung Sekertaris Daerah Muh. Yasin mewakili Bupati Buton Utara.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Muh. Yasin, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Direktorat Kerjasama Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Ia menjelaskan, komoditas unggulan Buton Utara, dikembangkan dalam bentuk kawasan untuk meningkatkan nilai kompetitif pasar dan prospek komoditas untuk dikembangkan dalam skala industri, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk kawasan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Maka dari itu, dengan kunjungan Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kemendag ke Butur diharapkan terjadinya bentuk kerjasama dan pengembangan produk organik Buton Utara dimasa yang akan datang akan dapat lebih meningkat,” harap Yasin.

Ditempat yang sama, Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan memaparkan Strategi Pengembangan Ekspor Nasional diantaranya pengembangan kawasan industri seperti insentif dan infrastruktur yang memadai, penyediaan sumber daya manusia yang mampu mengimbangi aplikasi teknologi dan inovasi dimanufaktur serta perluasan akses pasar melalui perjanjian perdagangan.

Marolop menuturkan, guna meningkatkan ekspor di era industri strategi-strategi tersebut adalah fokus terhadap produk industri olahan, mengelola tata niaga impor dengan lebih baik serta memperbaiki kualitas peraturan perdagangan.

“Ketika sudah memilih fokus kepada organik jangan lupa berpromosi,” katanya.

Kegiatan diskusi juga dihadiri Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kemendag, Asisten 2 Budianti Kadidaa, Kadis Pertanian Sahrun Akri, Kadisperindag As Sabran M, Staf Ahli, Ketua PKK, Para Camat serta tamu undangan.

(Argiyan)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top