Sultra

Kata Ketua Kopi- Butur Soal Kasus Hukum Libatkan Politisi

Ketua Kopi Butur, Nurlin Mohamad

SULAWESION.COM, BUTUR – Ketua Komunitas Peduli Buton Utara(Kopi-Butur) Nurlin Muhammad mengajak masyarakat untuk tetap menahan diri terhadap laporan kasus-kasus hukum sensitif melibatkan para Politisi yang terjadi akhir-akhir ini.

Hal ini membuat situasi sosial-politik di Buton Utara menjadi bergejolak. Perang wacana tidak pernah sepi di Media Sosial(Medsos).

“Dimana-mana, kasus hukum yang melibatkan orang-orang besar (politisi) berpotensi besar menimbulkan gejolak politik yang imbasnya sampai ke bawah,”katanya via WhatsApp kepada Kontributor Sulawesion.com Butur, pada Selasa(8/10/2019).

Hal ini, ia mengatakan karena orang besar mempunyai pengaruh, modal, dan tentu saja punya banyak pendukung sekaligus lawan politik. Sehingga menyeret mereka ke ranah hukum dapat memicu gesekan politik yang melibatkan banyak dukungan dan kepentingan.

Nurlin juga menyatakan, semua dapat diatasi jika berbagai pihak bisa saling menahan diri untuk tidak bertindak di luar proses hukum. Jika ada satu pihak saja yang mencoba bertindak di luar proses hukum, seperti, mobilisasi massa atau perang wacana untuk mendukung atau menuntut orang besar yang terlibat kasus hukum, itu dapat memicu konflik di akar rumput.

“Oleh sebab itu, demi meciptakan suasana yang kondusif jelang Pilkada 2020, semua pihak sebaiknya berusaha menahan diri. Kita serahkan saja semuanya pada proses hukum. Upaya-upaya lain di luar hukum, seperti perang wacana di media sosial atau mobilisasi massa, hanya akan memperkeruh suasana,” imbuhnya.

Alumni SMAN 1 Kulisusu ini juga menjelaskan, Negara ini adalah negara hukum demokrasi, bukan mobokrasi. Bedanya, kalau negara hukum demokrasi instrumen hukum adalah panglima tertinggi, sedangkan dalam negara mobokrasi tekanan massa lebih efektif daripada instrumen hukum. Jadi sebagai negara hukum demokrasi, kasus-kasus hukum yang sedang hangat di Buton Utara sekali lagi kita serahkan kepada proses hukum.

“Marilah sama-sama bergotong-royong saling membantu menciptakan suasana Daerah Butur yang kita cintai ini selalu aman dan tentram dan menjaga tali persaudaraan agar semakin erat,”jelas Nurlin yang juga salah satu Kader HMI.

(Argiyan)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top