Sultra

Ketua KPU Butur: Besok, Hasil Pemeriksaan Kesehatan Diserahkan

BUTON UTARA, SULTRA – Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Buton Utara (Butur) telah selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bahteramas Kendari, dan hasil dari pemeriksaan tersebut, tim pemeriksa kesehatan akan menyerahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Butur Sabtu, 12 september 2020

“Semua Pasangan Calon telah selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan kemarin Kamis 10 September 2020,”ujar Ketua KPU Butur, Hasruddin.

“Selesai semua kemarin. Tinggal penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan tanggal 12 September,”lanjut Hasruddin di Gudang Logistik KPU Butur, saat diwawancarai awak media Jumat (11/0920).

BACA JUGA: KPU Butur Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Paslon

Dari hasil pemeriksaan, kesehatan tidak bisa diumumkan karena bersifat rahasia. KPU Butur hanya menerima hasil dari tim pemeriksa kesehatan apakah calon yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak.

“Hasil pemeriksaan kesehatan kita tidak bisa umumkan. Kita hanya mengumumkan calon yang memenuhi syarat dengan tidak,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Butur M Sairman Sahadia menambahkan, dalam pemeriksaan kesehatan pasangan calon KPU hanya memberikan surat pengantar. Hasil pemeriksaan kesehatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penuh tim yang ditunjuk RSU Bahteramas.

“Rekam medik pasangan calon itu merupakan rahasia. Tidak bisa dibeberkan. Kita hanya menerima hasilnya dan mengumumkan pasangan calon memenuhi syarat atau tidak,” tuturnya.

BACA JUGA: 207 Calon PPDP di Butur Jalani Rapid Test

Menurut Sairman, KPU tidak wajib memberikan hasil pemeriksaan kesehatan kepada pihak manapun. Termasuk kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekalipun.

“Aturannya seperti itu,” tuturnya.

Sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan pasangan calon berlangsung mulai tanggal 4-11 September 2020. Selanjutnya, pengumuman hasil verifikasi berkas tanggal 13 September. Dan jadwal perbaikan berkas mulai tanggal 14-16 September 2020.

BACA JUGA: Polling Pilkada Buton Utara

Seperti diketahui, Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Butur akan dilaksanakan tanggal 23 September 2020.

(Giyan)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top