Budpar

Melihat Lebih Dekat Tradisi Butur Gelar Haroano Tau

SULAWESION.COM, BUTON UTARA – Pemda Buton Utara (Butar), Sultra bersama Lembaga Adat menggelar Tradisi Adat “Haroano Tau” yang diadakan tiap tahun di Baruga Keraton, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara,  Rabu(26/9/2019).  Diacara ini budaya masyarakat membawa dulang berisi makanan lengkap yang ditutupi dengan tudung saji berwarna putih.

Dihadiri oleh Sekertaris Daerah Muh. Yasin, Asisten dan Staf Ahli Pemda Butur, Kadis Pariwisata Harlin Hari dan Kepala OPD lainnya, Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali, Kasat PolPP Hasanun, Lakino Kulisusu Laode Umar. M dan tokoh lembaga adat serta masyarakat.

Ketua Lembaga adat Laode Umar. M mengatakan, tradisi ini tiap tahun diadakan di Butur. “Tradisi seperti ini adalah kebiasaan yang baik dalam kehidupan sosial masyarakat dan kegiatan seprti ini salah satu untuk kebudayaan manusia,” ungkapnya.

Ketua Lembaga Adat yang juga disebut Lakino Kulisusu ini juga menjelaskan, ada 7 unsur kebudayaan salah satunya adalah sistim sosial dan tradisi sebab, sungguh banyak nilai yang diperoleh dari kegiatan ini diantaranya nilai persaudaraan, gotong royong, silaturahmi, ekonomi dan nilai sosial untuk memperkokoh persatuan dan persaudaraan.

Umar juga tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tokoh lembaga adat dan masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam pelaksanaan acara Haroano Tau hari ini. “Semoga acara ini akan membawa manfaat yang besar kepada masyarakat Butur,” tutupnya.

Kegiatan Haroano Tau ini merupakan rutinitas setiap tahunnya yang diadakan di Butur. Pemda memberikan apresiasi dan perhatian besar terhadap lembaga adat, sebab Benteng Budaya merupakan hal yang pertama untuk dijaga.

Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Daerah Muhammad Yasin saat memberikan sambutannya pada acara Haroano Tau. “Insyaallah di tahun 2020 mendatang, Pemda Butur akan memberikan kendaraan operasional untuk lembaga adat,” terangnya. (Argiyan)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top