Sulut

Sambut Kimong, AK3 Sulut Siap Produksi Tenaga Lokal Andal

Pengurus A2K3 Sulawesi Utara bersama Kadis Disnaker Sulut

KOTAMOBAGU,SULUT- Kawasan Industri Mongondow (Kimong) bakal segera terwujud di Bolaang Mongondow. Bupati Dra Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, Kimong ini menghadikan insvestasi cukup besar.

 

Menanggapi hal itu, Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Sulawesi Utara, mengatakan, dengan investasi besar seperti itu, pasti membutuhkan tenaga kerja lokal siap pakai.

 

Siap pakai itu artinya tenaga yang memiliki skill jika masuk dalam satu perusahaan. Infomasi yang diperoleh, Kimong akan menyerap puluhan ribu tenaga atau pekerja.

 

Lantas, apakah tenaga kerja di Bolmong sudah siap? Untuk itu A2K3 Sulut siap melatih tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian.

 

Hal itu disampaikan Ketua A2K3 Sulut, Fauzi Permata SE. Kata Fauzi, Asosiasi yang Ia pimpin bisa melatih tenaga profesional siap pakai.

 

“Kami siap melatih ribuan anak muda Bolmong Raya (BMR) dalam rangka menyambut Kimong. Ini peluang bagi warga lokal BMR. Kimong butuh banyak tenaga lokal, tapi harus punya skill. Nah skill itu yang akan kami latih,” ujarnya, Jumat (16/10/2020).

 

Dia menambahkan, tenaga profesional itu harus memiliki sertifikat keahlian dan pihaknya siap memfasilitasi itu.

 

“Warga BMR tidak perlu dilatih di Balikpapan. Di Sulut sudah ada. Pelatihnya ahli dari Kalimantan dan berpengalaman melatih karyawan di perusahaan besar di Indonesia,” tukas Fauzi.

 

Selain itu, A2K3 berkolaborasi dengan perusahaan bersertifikat standar dunia ini telah memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) yakni di dua kampus di Manado dan Kotamobagu.

 

Dalam waktu dekat, A2K3 Sulut akan bertemu dengan Gubernur Sulut dan Bupati Bolmong untuk membicarakan ini. Bahkan, telah bertemu dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulut, Ir Erni Tumundo M.Si.

 

Dalam Kimong nanti dibutuhkan Securiti, HRD, Safety, Office Boy, Paramedis, Welder, Driver, Ahli Lingkungan, Operator Telepon, Operator alat berat yang semuanya harus bersertifikasi.

 

“Warga Bolmong harus siap, dan kami siap melatih tenaga-tenaga terampil itu,” tutup Fauzi.

 

Sementara itu, inisiator A2K3 Sulut, Efendi Mokodompit SE,MM.AK3, mengatakan, tenaga kerja produktif di BMR wajib ikut pelatihan ini agar nantinya Kimong datang, tenaga kerja sudah siap.

 

DiBa

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler Minggu Ini

To Top