Sulut

Warga Insil Baru Gelar Demo Tolak Hasil Pilsang

Demonstrasi warga Insil Baru di Kantor Bupati Bolmong

 

SULAWESION,BOLMONG– Hampir sebulan berakhirnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 105 Desa se-Bolaang Mongondow. Namun, Pilsang masih menyisakan permasalahan khususnya di Insil Baru, Kecamatan Passi Timur.

Rabu, (4/12/2019) puluhan warga Insil Baru, kembali mengelar aksi yang kali ini dilakukan di Kantor Bupati Bolaang Mongondow. Masa aksi menolak hasil Pilsang yang diduga sarat kecurangan.

Herdi Mokoagow, selalu Kordinator Lapangan menuntut untuk diadakan kembali pemungutan suara ulang di dusun 6. Menurutnya, terdapat pemilih siluman. Ia juga menegaskan bahwa jika tuntutan mereka tidak diakomodir, maka mereka akan melakukan perlawanan, memboikot pemerintahan yang akan dilantik nanti.

Ia juga menegaskan sudah memiliki bukti-bukti, seperti data pemilih tetap sebagai penyanding, daftar hadir pemilih, jumlah ketambahan DPT yang awalnya 539 kemudian berubah menjadi 576, semua bukti itu sudah sangat jelas dan siap untuk di pertanggung jawabkan.

Asisten 1 Pemkab Bolmong, Derek Panambunan yang menerima perwakilan dari masa aksi menjelaskan, bahwa akan mengakomodir apa yang menjadi aduan dari masyarakat Inisil Baru.

Sebelum tanggal 15 Desember akan dikeluarkan putusan terkait masalah Pilsang Insil Baru, semua akan diproses berdasarkan mekanisme yang sudah diatur.

Panambunan juga mengapresiasi karena masa aksi menyampaikan tuntutan mereka tidak menggunakan bahasa bahasa yang tidak enak didengar. Ia sangat berharap semua bisa menjaga keadaan agar tetap kondusif.

Sebelum masa aksi membubarkan diri, mereka menegaskan jika tuntutan mereka tidak diakomodir, mereka akan memobilisasi masa lebih banyak lagi untuk melakukan demonstrasi.

Adriansa Bangol

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top