Patung DR Sam Ratulangi di Wanea Manado, Buatan Seniman Sulut Alexander Wetik

Patung DR Sam Ratulangi buatan Alexander Wetik

MANADO,SULAWESION– Patung DR Sam Ratulangi berada di simpang empat Kelurahan Wanea Kota Manado, Sulawesi Utara.

Patung DR Sam Ratulangi yang berdiri gagah ini ternyata merupakan kreasi atau buatan dari seniman asal Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

Pembuat Patung DR Sam Ratulangi adalah Dosen IKIP Manado bernama Alexander Wetik dengan nama lengkap Alexander Bastian Wetik.

Alexander Wetik Lahir di Tomohon, 27 Oktober 1927 dan wafat 17 Mei 1985.

Menurut anaknya, Grace Wetik saat diwawancarai Sulawesion.com, bahwa benar ayahnyalah yang membuat patung DR Sam Ratulangi atas perintah Gubernur HV Worang tahun 1969.

Kata Grace, patung yang merupakan karya ayahnya seperti Patung Robert Wolter Monginsidi di Sario, Patung Pingkan dan Matindas di Gedung Kesenian Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Alexander Wetik, Seniman Sulut Pembuat Patung Bogani di Kotamobagu

“Iya benar, selain patung DR Sam Ratulangi, patung buatan Papi Alexander adalah Patung Setengah Badan Domeni AZR Wenas di halaman Rumah Sakit Bethesda Tomohon, Patung Korengkeng dan Sarapung di Tondano, dan Patung Bogani di Kotamobagu,” tukasnya.

“Masih ingat waktu saya kecil saat melihat papi Alexander Wetik ukir patung Sam Ratulangi di Wanea dan Mami Margaretha Sumarauw ikut mencampur semen,” kenang Grace.

DR Sam Ratulangi adalah pahlawan Nasional asal Sulawesi Utara. Dia dikenal sebagai tokoh pendidikan yang dikenal dengan pemikiran Sitou Timou Tumou Tou dengan arti Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain.

Editor: Supardi Bado

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *