Bappeda Mitra Lakukan Finalisasi Rancangan Akhir RKPD 2025

Foto bersama usai finalisasi Rancangan Akhir RKPD 2025, di Hotel Arya Duta Manado.

MITRA,SULAWESION.COM-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melakukan finalisasi Rancangan Akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025, di Hotel Arya Duta Manado.

Kegiatan tersebut dimulai sejak 07-08 Mei 2024, yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Mitra Dr. Grace Oroh, M.Pd,dan diikuti oleh seluruh SKPD yang terkait dan pegawai Bappeda.

Bacaan Lainnya

Grace Oroh mengatakan, penyusunan Rancangan Akhir RKPD bertujuan untuk menyempurnakan rancangan RKPD melalui proses perencanaan tingkat Kecamatan, hingga Kabupaten.

Kemudian, konsistensi program dan kegiatan prioritas yang tercantum dalam renja perangkat daerah melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI) dan terhadap usulan musrenbang, pokok pikiran, dan program dedikasi (prioritas daerah).

“Saat ini kita melakukan finalisasi Rancangan Akhir, mengingat RKPD merupakan acuan Kepala Daerah dan DPRD dalam menentukan kebijakan umum APBD 2025, dan penentuan prioritas pagu anggaran sementara, yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam penyusunan APBD 2025,” kata Grace Oroh

Ia menyebutkan, dalam membahas konsistensi rancangan rencana kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mengidentifikasi program dan kegiatan yang merupakan lintas OPD. Sementara prioritas pembangunan daerah memiliki maksud untuk mencapai sasaran pembangunan daerah yang terukur dan jelas indikatornya.

“Setelah review inspektorat dilakukan akan diteruskan ke tahapan Fasilitasi Bappeda Provinsi Sulut. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan Perbup RKPD 2025,”jelas Grace Oroh.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini ditutup oleh Pj Bupati Minahasa Tenggara yang diwakili oleh Asisten l Pemkab Mitra Jani Rolos dan dihadiri oleh Kepala SKPD.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *