KPU Sitaro Fokus Pembentukan Pantarlih, Bakal Gelar Simulasi dan Apel Akbar

Media Gathering antara KPU Sitaro dan insan pers di Beach Coffe, Kamis 20 Juni 2024. (Foto: Vian Hermanses)

SITARO, SULAWESION.COM – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kepulauan Sitaro tahun 2024 ini terus digulirkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Saat ini, lembaga penyelenggara pemilu di Sitaro itu sedang fokus pada tahapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih/PPDP).

Bacaan Lainnya

Informasi yang diperoleh dari pihak KPU, rekrutmen Pantarlih atau PPDP telah berlangsung sejak 13 Juni lalu dengan agenda pengumuman pendaftaran calon Pantarlih/PPDP.

Kini, proses pembentukan Pantarlih/PPDP telah memasuki tahapan penelitian administrasi calon, sebelum masuk pada pelantikan yang rencananya akan berlangsung pada 24 Juni 2024 mendatang.

“Nanti ada pertemuan pada hari Minggu mendatang seluruh pantarlih. Agendanya bimbingan teknis dan simulasi pelaksanaan coklit,” kata Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sitaro Vicri Lahansang di sela-sela acara Media Gathering antara KPU dan Insan Pers di Beach Coffe, Kamis (20/6/2024).

Selain pertemuan pada Minggu 23 Juni 2024, KPU Sitaro juga mengagendakan pelaksanaan apel akbar seluruh Pantarlih, berlokasi di Lapangan Akesimbeka sekaligus pelantikan pada Senin 24 Juni 2024.

“Setelah apel akbar tersebut, Pantarlih akan turun melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. Kebetulan kita sudah menetapkan lima orang yang jadi sampel dalam proses coklit nanti,” ungkapnya.

Untuk sampel yang akan dikunjungi Pantarlih, KPU Sitaro telah menetapkan sebanyak lima orang, masing-masing unsur pimpinan daerah, pimpinan DPRD, penyandang disabilitas serta tiga orang perwakilan tokoh agama.

“Terkait agenda ini, kami minta dukungan dari teman-teman wartawan untuk turun sama-sama melakukan peliputan proses coklit tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro berharap jalinan kemitraan antara KPU dan awak media bisa berjalan baik sehingga semua tahapan Pilkada mndapat tersampaikan secara luas di masyarakat.

“Pelaksanaan media gathering ini merupakan bagian dari upaya KPU Sitaro dalam mempererat hubungan dengan wartawan,” kata Kaaro saat membuka jalannya Media Gathering.

“Kami upayakan melaksanakan media gathering ini sekali dalam sebulan supaya berbagai tahapan pelaksanaan pilkada dapat tersampaikan secara maksimal ke masyarakat,” katanya lagi.

Seperti sebelumnya, Media Gathering kali ini dihadiri seluruh anggota KPU, baik Fidel Malumbot, Vicri Lahansang, Ibrahim Lihawa serta Frismar Siramba dan Plh Sekretaris KPU Imelda Patras.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *