16 Hari Kedepan, Calon Paskibraka Sitaro Tahun 2024 Bakal Jalani Pusdiklat di Desa Bahagia

Jalannya prosesi upacara tantingan yang dipimpin langsung Pj. Bupati Sitaro, Joi Oroh. (Vian Hermanses)

SITARO, SULAWESION.COM- Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro jelang HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satunya dengan menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka yang menjadi komponem upacara pada peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Dalam kaitan persiapan itu, pemerintah daerah telah membentuk Calon Paskibaraka yang kini telah memuli proses Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat).

Dimana Pusdiklat Calon Paskibraka yang berlangsung di gedung Mebura Kelurahan Tarorane Siau Timur itu akan bergulir selama 16 hari kedepan, dimulai pada 2 Agustus 2024.

Pelaksanaan Pusdiklat ini ditandai dengan upacara tantingan atau pembukaan yang dipimpin langsung Penjabat Bupati Kepulauan Sitaro, Joi Oroh, Jumat (2/7/2024).

Kesempatan itu, Oroh menyatakan rasa bangganya karena bisa berdiri bersama putra putri terbaik daerah, yang kini dipersiapkan untuk mengibarkan bendera pada upacara HUT Proklamasi mendatang.

Menurut Oroh, Paskibraka menjadi salah satu wadah kaderisasi sekaligus pembentukan mental dan karakter putra dan putri terbaik penerus bangsa.

“Upacara tantingan ini menjadi langkah awal dalam serangkaian kegiatan Pusdiklat yang akan dijalani oleh para pelajar utusan SM dan SMK di Sitaro,” kata Oroh.

Selain mengasa kemampuan fisik, Pusdiklat ini juga akan membekali calon Paskibraka dengan pengetahuan, keterampilan dan wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk membentuk karakter yang kuat, patriortisme serta rasa nasionalisme.

“Inilah saatnya untuk membangun jiwa kepemimpinan, menjalin persaudaraan dan memahami arti penting persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” kuncinya.

Melalui prosesi tantingan ini pula diketahui bahwa seluruh Calon Paskibraka siap mengikuti jalannya Pusdiklat serta segala ketentuan yang berlaku di Desa Bahagia.

Satu per satu Calon Paskibraka Sitaro Tahun 2024 memasuki gerbang Desa Bahagia dengan membawa barang masing-masing.

Hadir dalam upacara tantingan, pertanda dimulainya Pusdiklat Calon Paskibraka Sitaro antara lain sejumlah Pimpinan OPD, Pejabat Utama Polres serta tamu undangan lainnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *