Gerindra Bitung Dualisme Usulan Rekomendasi, Ronald Kansil dan Yani Ponengoh Adu Kuat

Pimpinan DPRD Kota Bitung saat paripurna. (Dokumentasi | Istimewa)

BITUNG, SULAWESION.COM – Rapat paripurna pengumuman dan penetapan calon pimpinan definitif DPRD Kota Bitung berjalan alot. Terutama di internal partai Gerindra Bitung.

Partai besutan Prabowo Subianto itu mengusulkan dua surat rekomendasi dengan nama berbeda. Mereka adalah Yani Ponengoh dan Ronald Kansil.

Bacaan Lainnya

Pengusulan Yani dari DPC Gerindra Bitung. Sementara surat rekomendasi Ronald Kansil satu tingkat lebih diatas. Yakni, DPD Partai Gerindra Sulawesi Utara.

Sekretaris DPRD Kota Bitung Albert Sarese saat dikonfirmasi mengaku, pengumuman dan penetapan pimpinan difinitif DPRD baru dua.

Baca juga: Fraksi DPRD Bitung Terbentuk

Dua pimpinan yang dimaksud Albert yaitu, Vivi Ganap sebagai ketua DPRD dari PDI Perjuangan dan Keeagan Kojoh partai NasDem.

“Dari Gerindra belum. Tapi, sesuai dengan aturan dimungkinkan. Karena ada surat edaran Mendagri bahwa minimal ada satu usulan partai yang sebagai pimpinan difinitif. Kan kita sudah dua pimpinan yang diusulkan. Jadi berdasarkan itu, kita paripurnakan dalam bentuk pengumuman,” kata Albert, Kamis (26/9/2024).

Ia juga menjelaskan, setelah paripurna ada tahap selanjutnya. Tahap itu, menyurat ke Gubernur melalui Walikota Bitung untuk pengusulan penerbitan surat keputusan.

Terkait dengan ada dua rekomendasi dari partai Gerindra, Albert enggan berkomentar lebih.

“Aduh, kita tidak mau komentar soal itu. Langsung saja dengan partai pak. Mohon dimaklumi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPC Gerindra Kota Bitung Randito Maringka tidak menampik ada dua usulan rekomendari pimpinan DPRD dari Gerindra.

“Dua usulan rekomendasi itu dengan nama berbeda. Yani Ponengoh dan Ronald Kansil. Namun, hal tersebut hanya sebatas usulan rekomendasi. Nantinya akan dipertimbangkan dan diputuskan oleh DPP Gerindra,” ujarnya.

Sejauh ini, menurut Randito, belum ada keputusan soal dua rekomendasi tersebut.

“Mungkin dalam waktu dekat sudah ada keputasan,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *