Gebrakan Manumpil Diapresiasi Pimpinan DPRD Talaud

Pimpinan DPRD Talaud, Jakop Mangole. (Foto: Ist)

TALAUD, SULAWESION.COM – Gebrakan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kepulauan Talaud, Fransiskus Manumpil patut diacungi jempol.

Belum seminggu ditugaskan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (non aktif) Steven Kandouw (ODSK), sejumlah persoalan daerah mulai dituntaskan.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Manumpil turun langsung membersihkan sampah-sampah yang berserakan di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Keadaan Melonguane yang kotor, ternyata diakibatkan petugas kebersihan yang tidak melakukan pekerjaan mereka sebagaimana mestinya.

Hal tersebut dikarenakan sudah enam bulan tak dibayarkan gajinya. Manumpil pun berjanji akan segera menyelesaikan persoalan tersebut.

Selanjutnya, Manumpil bertemu Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud yang beberapa waktu lalu kena mutasi.

Ada tenaga kesehatan yang dimutasi ke Satuan Polisi Pamong Praja, hingga tenaga anestesi yang menjadi petugas posyandu di PKM Miangas.

Manumpil pun menjamin akan mengembalikan mereka ke tempat awal, sesuai kompetensi dan pendidikan.

Pimpinan DPRD Talaud, Jakop Mangole menyebut, apa yang dilakukan oleh Manumpil merupakan langkah luar biasa dan patut diapresiasi.

“Tentu kami beri apresiasi. Kehadiran Pjs Bupati Talaud membereskan semua persoalan yang ada di daerah,” sebut Mangole.

Mangole memuji Manumpil yang mau memperhatikan nasib Tenaga Harian Lepas Tau THL dan tenaga kebersihan yang gajinya belum terbayarkan.

“Sekarang lagi penyempurnaan APBD, yang dalamnya sudah dianggarkan untuk pembayaran persoalan tadi,” pujinya.

Menurut Jakop Mangole, Pemkab Talaud era bupati sebelumnya sudah tidak ada niat untuk membayar gaji para THL, tenaga kebersihan. Hal ini disebabkan tidak dialokasikan di APBD.

“Sudah tidak ada niat lagi dari bupati sebelumnya untuk membayar gaji mereka. Makanya saat ini lagi penyempurnaan APBD. Mudah-mudahan pekan depan sudah diketuk,” ujarnya.

Tak hanya gaji THL dan tenaga kebersihan, persoalan juga ada pada pembayaran tunjangan tambahan penghasilan ASN dana Alokasi Dana Desa (ADD), yang sudah 6 bulan belum dibayarkan.

“Sudah kami bahas dengan Pjs Bupati. Alokasi dana desa akan dibayarkan, sebab di dalam ADD ada gaji dan honor kades, perangkat dan BPD. Begitu juga dengan TTP ASN,” jelas Mangole.

“Sekali lagi apresiasi kami berikan untuk Pjs Bupati Talaud, karena seharusnya setiap pemimpin daerah harus fokus dan menyelesaikan persoalan daerah,” tandasnya.

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *