2025 Transformasi Ekonomi Lokal Bolmut, Tiga Kecamatan 811 Usulan

Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena pada kegiatan Musrenbang di salah satu kecamatan, 28 Februari 2024. (Foto: Prokopim pemkab Bolmut)

BOLMUT, SULAWESION.COM – Selama tiga hari sejak 26 Februari sampai 28 Februari 2024 Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena menghadiri dan membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan.

Pertama Kecamatan Bolangitang Barat, Bolangitang Timur dan Sangkub. Kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Bacaan Lainnya

Lasena mengatakan Musrenbang tahun ini pada intinya adalah menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan RKPD tahun 2025.

“Ini merupakan upaya dalam rangka memperoleh program kegiatan yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan berdasar pada keinginan segelintir orang,” katanya, Rabu (28/2/2024).

Rancangan tema pembangunan pada tahun 2025 yaitu transformasi ekonomi lokal melalui peningkatan kemandirian pangan dan pertumbuhan ekonomi berbasis sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Adapun beberapa prioritas pembangunan daerah tahun 2025 antara lain pemerataan pembangunan yang berkualitas dan berdaya saing serta berwawasan lingkungan, penguatan kapasitas SDM yang berdaya saing.

Peningkatan daya saing investasi daerah, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, pembangunan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Kemudian peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, pemerataan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah.

Sementara itu berdasarkan data Bapelitbang Kabupaten Bolmut di tiga kecamatan yang telah menggelar Musrenbang ada 811 usulan.

Bolangitang Barat 393 usulan, Bolangitang Timur 173 dan Sangkub 245. Total 811 usulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *