Ketika Pelajar SDN 1 Kaidipang Menjawab Pertanyaan Tim Penilai Adipura dari KLHK

Asyam Panrita (12) siswa kelas 6 SDN 1 Kaidipang Saat Ditanya Tim Penilai Adipura Dari KLHK, Rabu 7 Februari 2024. (Foto: Fandri Mamonto)

BOLMUT, SULAWESION.COM – Siang jelang sore, sekira pukul 14.30 Wita, puluhan siswa-siswi SD Negeri 1 Kaidipang begitu antusias menyambut tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungam Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI), Rabu 7 Februari 2024.

Dengan memakai seragam sekolah putih-putih, pelajar rata-rata kelas enam SD ini sudah menunggu tim penilai untuk menilai sekolah mereka yang menjadi salah satu lokasi penilaian Adipura Kota kecil di Bolaang Mongondouw Utara.

Di pintu gerbang sekolah beberapa siswa baik perempuan dan laki-laki menyambut kedatangan tim penilai dari KLHK yang berjumlah dua orang. Mereka disambut dengan yel-yel soal kebersihan.

Setelah masuk ke sekolah, tanpa berlama-lama tim penilai mulai melakukan penilaian dan sesekali memeriksa tempat sampah yang dipilah-pilah. Ada untuk non organik dan organik.

Tampak salah satu penilai dengan pulpennya ditangan memberikan semacam nilai. Dan melakukan pertanyaan kepada para guru.

Bukan hanya guru, para siswa juga tak luput dari pertanyaan tim penilai adipura. Salah satunya Asyam Panrita (12), siswa kelas 6 ini mendapat beberapa pertanyaan soal pupuk kompos. Dirinyapun sesekali menjawab.

Asyam mengatakan dirinya senang saat bertemu tim penilai adipura.

Hal yang sama disampaikan Riri Lasimpala (12), siswi kelas 6 ini mendapat pertanyaan soal keberadaan bank sampah. Sama seperti Asyam, dirinya juga menjawab beberapa pertanyaan.

Selanjutnya tim penilai adipura lanjut melakukan beberapa peninjauan di beberapa titik sekolah.

Menurut tim penilai adipura, keberadaan sekolah SDN 1 Kaidipang sudah baik tinggal perlu ditingkatkan lagi. Diketahui juga sekolah ini pernah mewakili Bolmut ke tingkat nasional dalam lomba sekolah sehat.

Selain itu, sekolah ini pernah mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Di sekolah ini kita bisa melihat kolam ikan, hutan sekolah dan pemanfaatan sampah plastik.

Sementara itu, pantauan media ini hingga sore tim penilai Adipura yang didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmut melakukan penilaian di beberapa lokasi diantaranya melihat sungai antara Kecamatan Kaidipang dan Bolangitang Barat.

Selanjutnya mendatangi Puskesmas Bolangitang dan sesuai jadwal juga akan berkunjung ke RSUD Bolmut, perkantoran. Informasi yang ada penilaian Adipura Kota kecil akan berlangsung selama dua hari. Sejak 7 Februari 2024 hingga 8 Februari 2024.

Sebelumnya, Kepala Dlh Bolmut Hidayat Panigoro saat ini pihaknya telah melakukan pembenahan di beberapa titik yang akan dinilai.

Hidayat Panigoro mengaku walau di tengah keterbatasan, pihaknya tetap optimis meraih dan menargetkan penghargaan Adipura Kota kecil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *