12 Zodiak dan Asal Usul Lambangnya yang Tidak Diketahui

Foto: wikipedia

SULAWESION.COM – Hay sahabat Sulawesion, tahu tidak tentang asal usul lambang zodiak yang jarang diketahui.

Dalam Ilmu Astrologi, zodiak dipelajari melalui basis ilmu sains untuk meramalkan peristiwa alam yang terjadi di alam semesta.

Zodiak berasal dari bahasa Yunani yang disebut “Zoodiacos Cyclos” yang secara harfiah dapat diartikan sebagai¬†lingkaran hewan.

Mungkin karena kebanyakan dari rasi bintang ini adalah binatang, seperti: kepiting, domba, singa, kalajengking, ikan dan beberapa lainnya adalah disimbolkan dengan manusia, seperti si kembar gemini, dan virgo sang perawan.

Menurut Ilmu Astrologi terdapat 12 zodiak di antaranya Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. Perhitungan zodiak secara berurutan dimulai dari Aries, yakni rasi bintang yang berada dalam titik nol derajat atau titik potong vernal equinox.

Ke 12 zodiak mempunyai lambang tertentu. Lambang-lambang itu bukan hadir secara kebetulan, melainkan mempunyai arti tersendiri yang mencerminkan jati diri seseorang.

Aquarius (20 Januari-18 Februari)

Aquarius ini terkenal dengan lambang air dan lebih tepatnya digambarkan sebagai seorang pria yang menuang air. Ternyata pria yang ada di lambang Aquarius ini adalah Ganimedes yang memiliki wajah tampan dan juga baik serta sopan.

Ganimedes ini adalah anak raja Troya yang diculik oleh Zeus dan menjadikannya sebagai salah satu pembawa air minum bagi sang dewa Zeus.

Kebaikan dan juga kesetiaan dari Ganimedes inilah yang membuat akhirnya lambang ini digunakan sebagai salah satu zodiak dan bisa mempresentasikan sifat seorang Aquarius yang memiliki daya tarik tinggi.

Pisces (19 Februari-20 Maret)

Pisces dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, waktu mereka di kejar oleh Typhon.

Kedua ikan itu tidak berenang ke satu arah, tapi justru berlawanan arah. Satu melawan arus, satunya lagi mengikuti arus. Cerita ikan yang berlawanan arah itu berkaitan dengan Aphrodite si Dewi Cinta.

Aries (21 Maret-19 April)

Si domba berbulu emas. Aries dilambangkan sebagai domba berbulu emas yang dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus dan Helle yang hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas atas hasutan ibu tiri mereka, Ino.

Domba tersebut membawa Phrixus & Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus. Tetapi dalam perjalanan, Helle jatuh ke laut dan tenggelam dan saat itu dinamai Hellespont.

Sesampainya di Colchis, Phrixus diterima oleh King Aetes yang menikahkannya dengan putri sulungnya. Sebagai tanda terima kasih kepada para dewa-dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut dan memberikan bulu emasnya kepada mertuanya.

Taurus (20 April-20 Mei)

Dilambangkan dengan sapi jantan. Berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter).

Konon dewa Zeus menyukai para gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istri. Maka ketika ia melihat kecantikan putri Eropa yang cantiknya tiada tara, saking cintanya ia mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa.

Gemini (21 Mei-20 Juni)

Gemini dilambangkan dengan sepasang dua anak kembar. Mereka adalah putra dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan Polux.

Lambang Zodiak tersebut memiliki banyak arti. Menurut Astrologi Mesir, Gemini dilambangkan dengan sepasang ayam jago kembar. Kekembaran ini, menurut mitologi Yunani dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus, pendiri kota Roma, Italia.

Cancer (21 Juni-22 Juli)

Dilambangkan sebagai kepiting. Cancer merupakan jelmaan ular bernama Hydra. Ular ini di kirim oleh Yuno untuk melawan Hercules (pemuda yang dikenal kuat dan gagah berani).

Ular yang di kirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules maka akan tumbuh lagi. Namun dengan kecerdikan Hercules, ia mampu mengalahkan Hydra dengan cara membakar leher ular itu.

Leo (23 Juli-22 Agustus)

Singa merupakan lambang zodiak Leo. Jelmaan dari Nemean Lion yang dibunuh Hercules. Juno dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga membunuh ketiga putranya dari Princess Megara of Thebes.

Untuk menebus kesalahannya, Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaena serta menunaikan dua belas tugas berat.

Tugas pertama yang harus ditunaikan adalah membunuh Nemean Lion yang telah membuat penduduk Nemea selama bertahun-tahun hidup tercekam ketakutan.

Virgo (23 Agustus-22 September)

Virgo mempunyai lambang seorang putri yang sangat cantik. Ia adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas.

Pada waktu itu putri Astrea turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi.

Maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang. Orang Yunani membagi zaman ini menjadi 4, yaitu zaman emas, perak, perunggu dan besi.

Libra (23 September-22 Oktober)

Virgo adalah jelmaan dari Justicia sendiri dan bukan Astrea, karena dalam urutan berikutnya adalah rasi bintang Libra yang merupakan penjelmaan timbangan yang dibawa oleh Justicia sebagai dewi keadilan.

Dilambangkan dengan neraca atau timbangan yang merupakan simbol dari keadilan. Putri yang menguasai keadilan adalah putri Justicia. Asal-usulnya tidak diketahui secara pasti.

Scorpio (23 Oktober-21 November)

Scorpio mempunyai lambang menyerupai kalajengking. Mempunyai asal-usul yang sangat menarik. Yaitu terjadi cinta segi 4 (bukan cinta segi 3 lagi). Antara Orion (pemuda yang tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar).

Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 cewek cantik nan menawan sekaligus. Akibat cemburu kepada kedua rivalnya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion.

Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Diana menyesal atas perbuatannya. Dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Karena ia tidak bersalah maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

Sagitarius (22 November-21 Desember)

Sagitarius digambarkan dari pinggang sampai kepala berupa manusia yang akan membidik panahnya. Sedangkan dari pinggang ke bawah berupa tubuh seekor kuda.

Berdasarkan kepercayaan bangsa Yunani, makhluk seperti itu ada yang baik dan ada pula yang jahat. Sisi baiknya, dia mau menolong makhluk lain. Tapi sisi jeleknya suka menculik gadis-gadis calon pengantin dari calon suaminya. Zodiak Sagitarius berada di bawah naungan dewa sagitarius.

Capricorn (22 Desember-19 Januari)

Memiliki lambang berupa kambing dengan tanduk yang besar dan juga terlihat kuat. Capricorn merupakan sebuah kambing yang bernama asli Theus yang merupakan kambing penjaga dari Zeus kecil saat bayi.

Awalnya saat Zeus lahir, ibunya menyembunyikan nya di dalam sebuah gua karena takut untuk dimakan sang ayah yaitu Kronos.

Di dalam gua ini, ibu Zeus memberikan teman berupa seekor kambing yang merawatnya dan akhirnya menjadikannya sebagai salah satu zodiak yang bernama Capricorn sehingga bisa dikatakan bahwa orang yang memiliki zodiak ini adalah orang yang penyayang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *