Diikuti 80 Peserta, Disdik Sulsel Gelar Capacity Building di Bulukumba

BULUKUMBA,SULAWESION.COM— Suasana riang dan gembira meliputi para peserta Capacity Building Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, mulai tanggal 11 Februari hingga 12 Februari 2023 dan diikuti 80 orang pejabat, staf Disdik Sulsel, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V dan beberapa Kepala SMA dan SMK Bulukumba mengikuti Outbond yang diselenggarakan, di Hotel Anda Bira, Kabupaten Bulukumba.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Harpansa, MM yang aktif mengikuti rangkaian kegiatan mengatakan, pelaksanaan Capacity Building Disdik ini sempat tertunda beberapa kali. Namun ahamdulillah hari ini bisa terlaksana dengan baik.

Lanjut Harpansa, Capacity Building sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi besar dengan intensitas pekerjaan yang tinggi, dan perlu adanya pembekalan atau pelatihan keterampilan (skill) dan kemampuan (capabilities) seperti kepemimpinan, manajemen dan lainnya.

Nampak hadir mengikuti Oudbound, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Asqar, SE, MM, Kepala Bidang Pembinaan PKLK, Dra. Hj. Andi Mashari, M.Pd, Kasubag Umum, Kepegawaian dan Hukum, Muhammad Hazairin, SH, MH.

Capacity Building dikemas dalam bentuk outbound dengan tema “Kolaborasi Mencerdaskan Sulsel”.

Kegiatan ini diramaikan dengan sejumlah permainan menarik, lucu dengan penuh unsur pendidikan.

“Ini adalah proses membantu individu atau kelompok untuk mengidentifikasi dan menemukan permasalahan dan menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan melakukan perubahan,” jelas Master Training, Dr. Idrus dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel.

Selain Idrus, Tim Pelatih BPSDM Sulsel menurunkan, Dr. Sarifuddin, S.Pd, MM, Dr. Jayadi, S.Pd. M.Pd dan Dr. Andi Khadijah, S.Pd, M.Pd.

Sementara Ketua Pokja Kepegawaian, Abdul Samad mengatakan kegiatan outbound bagi pegawai Disdik Sulsel sangat perlu dan penting. “Sangat menyenangkan ikuti kegiatan ini,” katanya.

Demikian pun rekannya, Agustina, SH dan Dahliana yang sehari-harinya berkutat masalah kepegawaian juga mengaku riang.

“Otak kami terasa segar dan ringan. Untuk sementara kita melupakan rutinitas kerja kita yang memeras otak. Pokoknya fress deh,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Pokja Umum dan Protokoler Disdik, Muhammad Arsyad juga mengikuti kegiatan ini.

Ia bahkan mengusulkan kegiatan semacam ini, tidak hanya dilakukan sekali setahun, tapi sekali enam bulan. “Otak kita memang perlu regresing,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *