CEKFAKTA – CNN Sebut Jokowi sebagai Presiden Terburuk Tahun 2024 adalah Hoaks

Capture berita Hoak yang tersebar di media sosial

 

SULAWESION.COM – Sebuah postingan viral di media sosial mengklaim bahwa CNN menyebut Jokowi sebagai presiden terburuk tahun 2024. Namun, setelah dilakukan pengecekan fakta oleh, ternyata klaim tersebut adalah hoaks.

Bacaan Lainnya

HASIL CEK FAKTA

Saat melakukan cek fakta dengan menggunakan Google Lens untuk menelusuri asal postingan tersebut. Hasilnya, ditemukan bahwa video yang diunggah oleh CNN tersebut sebenarnya adalah rekaman yang sudah lama, yakni pada 30 Oktober 2019.

Kemudian terlihat dalam artikel Sean Duffy (left) on CNN Tuesday morning. John Berman (center), co-host of the CNN program New Day, questioned Duffy’s remarks. (Via CNN.com) yang diungah pada 1 Novemver 2019, tidak sama dengan narasi yang disebutkan dalam postingan tersebut.

Meskipun gambar dalam postingan serupa dengan rekaman video CNN, namun narasi dalam video asli adalah mengenai perkembangan politik AS, bukan tentang Jokowi.

Narasi dalam video sebenarnya adalah mengenai pertanyaan John Berman kepada mantan Anggota Dewan Perwakilan Sean Duffy terkait kritiknya terhadap seorang ahli dari Gedung Putih, Alexander Vindman, yang akan bersaksi dalam penyelidikan pemakzulan.

KESIMPULAN

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa postingan yang mengklaim CNN menyebut Jokowi sebagai presiden terburuk tahun 2024 adalah hoaks. Ini menunjukkan bahwa tangkapan layar pada postingan tersebut telah mengalami penyuntingan.

Penting bagi pengguna media sosial untuk melakukan verifikasi dan pengecekan fakta sebelum menyebarkan informasi yang tidak teruji kebenarannya. Hal ini untuk menghindari penyebaran berita palsu atau hoaks yang dapat memicu ketegangan dan kebingungan di masyarakat.

SUMBER
cekfakta.com
liputan6.com

Rujukan

https://wisconsinexaminer.com/2019/11/01/sean-duffys-rocky-start/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *